Filsafat Diri

Suatu ketika, saya mendapatkan tugas untuk menulis tentang Filsafat Diri. SUlit dan gagu memang. Berikut ini merupakan hasilnya, semoga bisa dijadikan referensi untuk orang-orang yang sedang mengalami nasib yang sama dengan saya saat menulisnya. Iya kawan, memang menggalaukan.

 

Ema Aprilisa merupakan nama yang diberikan oleh orang tua saya. Ema merupakan hasil penggabungan antara nama ayah yaitu Edi dan nama ibu, Mamik. Penggunaan akronim tersebut membuat saya merasa merupakan hasil dari penggabungan ayah dan ibu. Penggabungan genetik dan penggabungan jiwa. Sedangkan Aprilisa, selain berasal dari nama bulan kelahiran saya, ada makna lain dibalik nama tersebut. Berasal dari Bahasa Yunani, apriliz memiliki arti bunga yang sedang mekar. Nama bulan April juga berasal dari kata tersebut, karena setiap bulan April, di Yunani sedang mengalami musim semi, saat bunga-bunga bermekaran.

Saya percaya kalau manusia berasal dari Tuhan. Tuhan yang menciptakan setiap organel sel kita, menyusunnya dengan teliti agar sel-sel tersebut membentuk jaringan, jaringan menyusun organ, yang membentuk sistem organ dalam tubuh kita. Tuhan tidak lupa untuk menciptakan keistimewaan untuk setiap makhluknya, termasuk manusia. Keistimewaan tersebut tercermin dari susunan kode genetik pada Deoxyribonucleic Acid atau DNA yang tidak pernah sama antara manusia satu dengan manusia lainnya, bahkan antara dua orang yang merupakan kembar identik. Keberagaman susunan kode genetik tersebut membuat tidak ada satupun manusia yang sama persis di dunia ini.

Saya menjalani hidup selama lebih dari 23 tahun. Selama itu, saya ada untuk melakukan bagian atau peran saya di dunia ini. Saya percaya kalau setiap manusia diciptakan untuk melakukan bagiannya. Ada yang berlaku sebagai pemimpin dan yang dipimpin, sebagai pembuat dan pembeli, pengkotbah dan yang dikotbahi, pengajar dan yang diajar. Peran hidup tersebut tidak bersifat permanen. Setiap perubahan waktu, selalu membawa perubahan peran setiap orang. Tuhan menyediakan peran bagi setiap orang, pada waktu tertentu. Manusia harus mencari dan mengusahakan agar peran yang tersedia untuknya, dapat menjadi miliknya. Jika manusia tersebut mengusahakan untuk mendapatkan peran yang bukan untuknya, maka walaupun peran tersebut dapat dimilikinya, namun tidak akan menimbulkan kepuasan atau kebahagiaan.

Akhir dari kehidupan ini, akan kembali pada Sang Pencipta sekaligus Sang Penentu Peran. Kehidupan akan berakhir ketika seluruh fungsi kehidupan dalam tubuh manusia terhenti. Kematian tersebut merupakan awal dari suatu bentuk kehidupan yang lain. Kematian hanya berlaku untuk tubuh kita, namun tidak untuk jiwa kita. Jiwa atau ruh akan kembali ke Sang Pencipta, melaporkan semua peran yang telah kita lakukan dengan kehidupan yang diberikan-Nya. Saya percaya kalau Tuhan Maha Kasih sehingga manusia harus mengasihi manusia lain, mengasihi lingkungannya dan mengasihi Tuhan. Kebaikan dan kasih akan membuat kita semakin dekat pada Tuhan dan akan membuat ruh kita diterima dengan baik oleh-Nya, jika kelak tubuh kita mati.

Seperti dua sisi mata uang, selain memiliki sifat kasih, manusia juga tidak akan pernah jauh dari kejahatan. Sesuatu disebut sebagai kejahatan jika manusia yang melakukannya tidak ingin perbuatan tersebut diketahui manusia lain atau meminta manusia lain untuk memahami perbuatannya. Kejahatan yang tidak dimintakan maaf pada yang dijahati, baik manusia lain, alam, ataupun Tuhan, diberi label sebagai dosa. Dosa akan menjauhkan jiwa kita dari kedamaian dan kelak, jika jiwa meninggalkan tubuh, dosa membuat jiwa manusia ditempatkan pada tempat terjauh dari Tuhannya. Tempat itu disebut sebagai neraka.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: