EKSPERIMEN HERSHEY-CHASE

Sumber gambar : http://www.accessexcellence.org

Eksperimen Hershey-Chase adalah serangkaian eksperimen yang dilakukan pada tahun 1952 oleh Alfred Hershey dan Martha Chase. Eksperimen ini dirancang untuk memahami hubungan antara DNA, yang pertama kali didemonstrasikan oleh Avery, MacLeod dan McCarty sebagai bahan genetik dengan penyebaran virus bakteriofag. Meskipun DNA telah dikenal oleh para biologiwan sejak 1869, pada saat itu kebanyakan orang menganggap bahwa proteinlah yang membawa informasi dalam pewarisan sifat.

Eksperimen tersebut menggunakan bakteriofag T2 yang biasa menginfeksi Eschericia coli. Langkah-langkahnya adalah dengan melabeli DNA suatu kelompok bakteriofag dengan radioaktif 32P. Sekelompok bakteriofag lain dilabeli dengan menggunakan 35S yang menempel pada protein pembungkus DNA virus. Bakteriofag tersebut kemudian diinfeksikan pada bakteri. Setelah  beberapa waktu, sample eksperimen tersebut diblender dan disentrifuge untuk membebaskan bagian virus dari permukaan bakteri  sehingga sel-sel bakteri berada di dasar tabung sedangkan partikel-partikel virus di dalam supernatant.

Saat hasil sentrifuge tersebut diteliti, 35S kebanyakan ditemukan pada bagian supernatant sedangkan 32P kebanyakan ditemukan pada bagian dasar tabung yaitu dalam sel bakteri. 32P juga ditemukan pada virus generasi selanjutnya namun 35S tidak ditemukan pada generasi selanjutnya ini.

Dari eksperimen ini, dapat disimpulkan bahwa materi yang diinjeksikan virus ke dalam bakteri adalah DNA. DNA ini pula yang diturunkan pada generasi selanjutnya, sedangkan protein pada pembungkus DNA virus tidak ikut masuk ke dalam bakteri yang diinfeksi. Hal ini terbukti dengan tidak ditemukannya 35S pada sel bakteri.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: