PORIFERA

PORIFERA

Hewan sederhana ini selama hidupnya menetap pada karang atau permukaan benda keras lainnya yang ada di dasar air. Kira-kira 5000 spesies telah diketahui. Beberapa hidup di air tawar, namun sebagian besar mendiami lautan. Filum ini diberi nama Porifera karena adanya lubang-lubang kecil atau pori-pori yang berada diseluruh tubuh dan menembus dinding-dinding tubuhnya. Hewan ini juga disebut dengan hewan spons

Hewan ini mendapatkan makanannya dengan cara menarik air ke dalam tubuhnya melalui pori-pori yang dimilikinya dan menyaring partikel makanan yang mungkin ikut masuk bersama aliran air tersebut. Tubuh spons terdiri dari dua lapis sel dengan selapis bahan seperti jeli yang terdapat di antara kedua lapisan tersebut. Sel-sel dari lapisan dalam mempunyai lapisan flagela yang dapat menyebabkan terjadinya pergerakan air dalam tubuh organisme ini. Sel-sel ini juga lah yang mengambil makanan dari air yang memasuki tubuhnya.

Bentuk tubuh Porifera disongkong oleh kerangka yang terdiri dari spikula yang dibentuk oleh sel-sel yang tersebar dalam mesoglea. Spikula tersebut cukup keras karena tersusun oleh silika maupun zat kapur (kalsium karbonat). Beberapa spons tidak memiliki spikula tetapi didukung oleh adanya anyaman serabut yang kuat dan lentur.

Organisme ini berkembang biak dengan cara menghhasilkan larva yang dapat bergerak bebeas ke tempat-tempat baru yang jauh dari induknya. Setelah menemukan tempat yang sesuai, maka mereka melekat pada tempat tersebut dan tumbuh menjadi spons dewasa. Selain itu, mereka juga dapat berkembang biak dengan membentuk tunas. Tunas ini dapat terus bergabung dengan induknya lalu membentuk koloni, maupun patah dan tumbuh menjadi individu baru yang mandiri.

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: