Pantai Srau (Pacitan)

Pantai ini terletak di Desa Candi Kecamatan Pringkuku. Jaraknya sekitar 25 Km ke arah Barat dari pusat kota Pacitan. Kita bisa mencapai lokasinya dengan kendaraan umum yang biasa disebut colt atau kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4. Untuk roda 3, bukannya diskriminasi yah, tapi emang medannya nggak banget jadi jangan dicoba.

Secara informal, Pantai Srau dibagi menjadi 3 lokasi. Lokasi pertama yang terletak paling dekat dengan pos penjagaan masuk ke lokasi pantai ini. Pada lokasi pertama ini, yang paling menonjol dan merupakan keunikannya dibandingkan tiga lokasi lain adalah bebatuan karang yang mencuat dan banyak membentuk bukit di sekeliling bibir pantai.

Untuk masalah perairannya, sangat jernih dengan dominasi warna biru artinya tidak banyak alga dan kedalamannya cukup mengerikan. Untuk kondisi wilayah pasang surutnya berpasir bukan berbatu, serta ombaknya cukup ganas walau kadang tidak terlalu tinggi.

lokasi 2 (1)Lokasi kedua terletak setelah kita menyusuri jalan aspal kecil dari pos penjagaan di pintu masuk ke arah barat. Lokasi kedua ini merupakan lokasi favorit bagi pengunjung atau wisatawan serta muda-mudi yang sedang dimabuk asmara untuk berpacaran. Pada lokasi kedua ini disediakan tempat duduk yang terbuat dari beton dengan posisi menghadap ke pantai. Di lokasi inilah, bisa kita temui pedagang-pedagang minuman maupun makanan menggelar dagangannya. Untuk kondisi pantainya sendiri, lokasi kedua ini memiliki ombak yang cukup jinak, namun tetap berbahaya. Kondisi pantai berpasir namun juga terdapat karang-karang namun tidak sebanyak lokasi pertama. Bagian Pantai Srau inilah yang sering dijadikan lokasi surfing, bukan hanya oleh penduduk lokal, namun juga oleh wisatawan mancanegara. Yang khas dari tempat kedua ini dan wajib dikunjungi adalah gua laut yang terletak pada di bagian paling timur dari lokasi kedua ini.

Lokasi ketiga, yang merupakan lokasi favorit saya, terletak di sebelah barat lokasi kedua atau terletak pada bagian paling barat dari Pantai Srau tersebut. lokasi 3 sunset mendungPada bagian ini terdapat fasilitas berupa anjungan kecil. Dari anjungan tersebut kita dapat menikmati pemandangan sunset yang menawan. Pantainya sendiri tidak terlalu menarik karena hanya merupakan teluk kecil yang langsung menghadap ke Samudera Hindia, dengan kondisi pantai berpasir dan ombak yang relatif kecil namun perairannya cukup dalam.

Di antara lokasi kedua dan ketiga, terdapat tempat yang hanya diketahui oleh sedikit orang, terutama oleh nelayan atau fishers yang terkadang menyambangi tempat ini. Pantai dengan lokasi yang cukup sulit dijangkau karena merupakan bagian pantai yang dikelilingi oleh bukit, sehingga untuk mencapainya kita harus naik turun bukit (dalam arti sebenarnya!) dahulu. Namun rasa letih itu akan terbayar karena di tempat itu, kita dapat berkecipak-kecipak air laut di siang bolong tanpa takut kepanasan akibat adanya bukit yang menjulang dan melindungi bagian pantai tersebut.

Selain itu, di lepas pantai dapat kita saksikan karang yang menyembul dan bentuknya mirip seperti ekor Hiu.
Dasar wilayah pasang surut di bagian pantai ini bukan berupa pasir melainkan batuan karang sehingga kita dapatmenyusuri pantai tanpa kaki kita harus terbenam pada pasir pantai dan di celah-celah batuan karang ini, terutama di tempat yang benar-benar terlindung dari sinar matahari, dapat kita temukan berbagai hewan laut seperti teripang, bintang laut, maupun landak laut.

Untuk yang bernyali, Anda bisa saja mendaki bukit-bukit karang yang ombak balik karangtersebar di pantai ini untuk menikmati pemandangan lepas pantai yang merupakan bentangan Samudera Hindia. Tidak jarang penduduk sekitar atau wisatawan menggunakan bukit-bukit ini sebagai tempat untuk duduk dan memancing. Tapi tidak untuk saya. Terima kasih saja…. Untuk dapat sampai ke bagian ‘aman’ atau puncak bukit-bukit karang tersebut, kita harus meloncat ke sana ke mari dan yang kita tapaki bukan tanah atau batu namun karang-karang tajam. So, be careful there!

Bagaimana? Penasaran dengan pantai ini? Saya tunggu kedatangannya yah…

  1. halo blogger,
    perkenalkan saya blogger baru, sebut saja dayken.
    Pantai srau memang indah dah 2 kali kesana. tapi denger-2 ada yang lebih bagus, pantai klayar .. hmmm itu dimana ya?

    tengkyu

    • aprilisa
    • August 10th, 2010

    akan segera saya upload…hehe…

  2. Good, saya jg tertarik tentang wisata

    • foxtrot
    • March 9th, 2012

    hai sobat yang lagi baca srau blog hehehe… aku orang pacitan asli yang mau alias bersedia mengantar anda ke daerah2 pariwisata pacitan… jgn salah saya bukan dari tourism guide atau semacamnya… saya hanya menawaran jasa dan itu cuma2 hanya saja masalah kendaran dan bensin urus sendiri.. saya cuman nganterin bro.. call me if u need me okey… 087758494990… just for looking friendship…

      • aprilisa
      • June 22nd, 2012

      Nice info…🙂

      • ilham
      • October 16th, 2013

      salam kenal sob,.
      mau nanya’ nich sob.untuk jalan menuju ke p.srau medannya gmna yach.pa cukup terjalkah..
      trs kl brangkat perjalan malam bahaya ndak yaa..trims

    • Amel xander
    • August 9th, 2012

    like this

  3. cuuuusss… bang foxtrot bantu ya

    • ilham
    • October 16th, 2013

    salam kenal sob,.
    mau nanya’ nich sob.untuk
    jalan menuju ke p.srau
    medannya gmna yach.pa
    cukup terjalkah..
    trs kl brangkat perjalan
    malam bahaya ndak
    yaa..trims

      • aprilisa
      • October 18th, 2013

      Medannya cukup terjal dan lumayan sepi. Penerangan jalan juga belum rata sepanjang rute yang harus ditempuh. Jadi saran saya mending berangkat pagi aja, main-main di sana samapi sunset trus pulang. Kalau mau nge-camp kayaknya juga asyik tapi mending bawa pasukan yang agak banyak soalnya masih bener-bener sepi tempat itu, apalagi kalau malem.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: